Yayasan Darul Mukmin luncurkan kartu multifungsi bagi seluruh siswa-siswi mulai dari TK, SD, hingga SMP.
Dibagikan secara simbolis pada Senin, 12 Februari 2024.
Kartu ini berfungsi sebagai berikut :
1. Kartu Pelajar
2. Sebagai alat untuk absensi siswa/i (scan barcode).
3. Sebagai alat pembayaran ketika berbelanja di kantin sekolah.
4. Sebagai kartu kunjungan, peminjaman, pengembalian buku di perpustakaan.
Selain itu nantinya kartu ini juga akan memiliki fungsi lain yang akan terus dikembangkan oleh Yayasan Darul Mukmin.
Sebuah inovasi baru yang dilakukan Yayasan Darul Mukmin melalui Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Darul Mukmin, yakni berupa kartu identitas siswa yang dapat digunakan berbagai macam keperluan seluruh murid.
Sehingga kartu identitas tersebut tidak hanya sebatas data diri siswa, tapi multi fungsi untuk keperluan siswa siswi, mulai dari absensi, keperluan ke perpustakaan, berbelanja di kantin dan sebagainya.
Kartu identitas siswa itu kemudian telah dibagikan kepada seluruh siswa siswi SDIT Darul Mukmin, di halaman sekolah setelah upacara bendera, Senin pagi (12/2/2024) dan diserahkan secara simbolis oleh Kepala SDIT Darul Mukmin, Okti Satriani.
Kepala SDIT Darul Mukmin, Okti Satriani mengatakan, secara keseluruha, jumlah siswa siswi di SDIT Darul Mukmin sebanyak 480 orang, yang terdiri dari kelas I sampai kelas VI, dan kesemuanya telah mendapatkan kartu siswa.
Menurutnya, kartu identitas siswa yang dikeluarkan oleh Yayasan Darul Mukmin, bertujuan untuk lebih memudahkan kegiatan dan aktifitas para siswa siswi di sekolah.
“Agar kegiatan dan aktifitas siswa siswi lebih sistematis. Kedepan, kartu identitas siwa ini akan menjadi multi fungsi dan saat ini masih berproses agar dapat digunakan dalam berbagai kebutuhan anak-anak di sekolah,” sebut Okti Satriani.
Saat ini kata Okti Satriani, kartu identitas siswa di SDIT Darul Mukmin masih disinkronkan dengan eduexa, untuk diprogramkan semua kebutuhan siswa secara online.
“Jadi kartu identitas siswa ini bisa digunakan untuk absensi digital anak-anak, untuk kunjungan ke perpustakaan dalam hal ini bisa digunakan untuk keperluan membaca atau meminjam buku, berbelanja di kantin dan lainnya,” tambah Okti Satriani.
Sebelum adanya kartu identitas siswa, keperluan seluruh murid di SDIT Darul Mukmin masih menggunakan sistim manual.
“Dengan dikeluarkannya kartu identitas siswa ini, mudah-mudahan Yayasan Darul Mukmin agar semakin baik lagi kedepannya,” ucap Okti Satriani mengakhiri
Menarik sekali melihat inisiatif Yayasan Darul Mukmin dalam meluncurkan kartu multifungsi untuk seluruh siswa-siswi mulai dari TK hingga SMP. Langkah ini diharapkan dapat membantu mempermudah proses administrasi dan memberikan kemudahan bagi para siswa dalam mengakses berbagai fasilitas pendidikan. Dengan adanya kartu multifungsi ini, diharapkan juga dapat meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan data siswa serta memfasilitasi interaksi antara sekolah, siswa, dan orang tua. Semoga dengan adanya program ini, pendidikan di lingkungan Yayasan Darul Mukmin semakin berkualitas dan memberikan dampak positif bagi perkembangan siswa.