PULUHAN Teman Kecil dari Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu (TKIT) Darul Mukmin, Rabu (26/10/2022) mengadakan kunjungan edukasi ke Balai Benih Ikan (BBI) Desa Ponkar, Kecamatan Tebing. Pesisnya di Teluk Lekup, Desa Ponkar. Mereka hadir memadati lokasi pembibitan ikan pada BBI itu bersama guru-guru pembimbingnya.

Dalam kunjungan ini, rombongan yang terdiri dari 70 orang teman kecil TKIT Darul Mukmin didampingi 11 orang guru petugas BBI dengan ramah dan telaten memberikan penjelasan dan informasi tentang ikan-ikan yang ada di situ. Asyiknya, para teman kecil juga diberikan hadiah berupa ikan kecil yang dibawa pulang ke rumah masing-masing. Betapa bangganaya teman-teman kecil mendaptkan ikan-ikan itu.

Informasi dari salah seorang guru pendamping, kehadiran mereka di BBI adalah dalam rangka kunjungan edukasi, untuk memahami jenis-jenis ikan oleh anak-anak. Dijelaskannya bahwa dari pagi rombongan sudah bersiap dari sekolah untuk berangkat menuju BBI menggunakan bus. Di tengah perjalanan seakan mereka tak sabar untuk sampai di lokasi meski medan yang dilewati begitu menantang, karena jalan yang dilintasi berlumpur pasca diguyur hujan pada malam harinya.

“Alhamdulillah kita berhasil sampai di BBI Teluk Lekup, Desa Pongkar dengan selamat, meski medan yang dilalui lumayan menantang karena kondisi jalannya yang becek.” Demikian dikatakan Kepala TKIT Darul Mukmin, Dina Marlina Lubis yang turut mendampingi teman-teman kecil.

Dalam kesempatan itu Bu Dina juga menjelaskan, kunjungan edukasi bagi siswa-siswi TKIT Darul Mukmin, sejalan dengan tema yang diusung yakni, hewan ciptaan Allah Swt. Sehingga dipilih BBI Teluk Lekup Desa Pongkar sebagai lokasi kunjungan edukasi untuk memperkaya pengetahuan teman-teman kecil.

Sebagaimana penjelasan Dina kepada para siswa siswi, bahwa ikan merupakan salah satu jenis pangan yang kaya akan sumber protein hewani, dan sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia. Oleh karena itu perlu memperkenalkan jenis dan cara budidayanya kepada teman-teman kecil sejak dini, agar mereka tahu bagaimana proses pemeliharaan mulai dari pembibitan, sampai bisa terhidang di meja makan.

Saat tiba di lokasi, teman-teman kecil disambut oleh pihak dari BBI Teluk Lekup Desa Pongkar, Saiful bersama timnya. Seluruh siswa yang turut serta diajak mengitari kawasan pembibitan ikan. Antusias anak-anak sangat terlihat saat diajak interaktif untuk memberanikan diri memegang ikan yang telah ditangkap. Saiful kemudian menunjukkan aneka jenis ikan yang dibudidayakan di BBI. Seperti mujair, lele, nila dan sebagainya.

Tidak hanya memperkenalkan berbagai macam ikan, Saiful juga mengajak teman-teman kecil melihat jenis ular albino dan ayam kampung, yang kebetulan turut dipelihara pada lokasi BBI Teluk Lekup Desa Pongkar. Meski sebagian tampak sedikit ketakutan, namun tidak sedikit juga yang tampak tertawa ceria ditambah teriakan bersemangat dari para siswa, saat diajak melihat dari dekat dan langsung memegang ular.

“Keceriaan para siswa dan siswi TKIT Darul Mukmin merupakan suatu kebahagiaan bagi kami, karena hari ini BBI Teluk Lekup Desa Pongkar kedatangan tamu-tamu kecil. Kami berharap nantinya mereka bisa menjadi pelopor, dalam pengembangan budidaya ikan air tawar di daerah kita.” Demikian Saiful berharap atas kunjungan ini. (Berita dari Radioazam.id)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *